Program Satu Keluarga Satu Sarjana Baznas Berau Lanjutkan Kerja Sama dengan Unisa Jogjakarta

Program Berau Peduli Penyerahan Santunan Kebakaran
Februari 6, 2019
Ahmad Husain Barawi Penerima Beasiswa SKSS berau Menyabet Juara 3 dalam Lomba Shorinji Kempo tingkat Nasional.
Maret 4, 2019

TANJUNG REDEB – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Berau menyambut baik kedatangan Wakil Rektor beserta jajaran Universitas Aisyiyah (Unisa) Jogjakarta yang berkunjung ke Kantor Baznas Berau, kemarin (18/2).

Kunjungan yang kemudian dilanjutkan dengan pertemuan di ruang rapat Baznas itu dipimpin Ketua Baznas Berau, Rajuddin Abdurrahman. Usai rapat, Rajuddin mengatakan pertemuan tersebut membahas program yang telah dicanangkan yakni “Satu Keluarga, Satu Sarjana (SKSS)” guna mendorong pihak Unisa untuk bekerjasama Baznas Berau dalam meningkatkan kesejahteraan pendidikan masyarakat Bumi Batiwakkal -sebutan Kabupaten Berau-.

Kedatangan pihak Unisa bertujuan untuk mensosialisasikan program dan perkembangan tentang perkuliahan. “Kami memiliki program yang memberikan kesempatan kepada pelajar Berau yang ingin melanjutkan pendidikan ke tingkat perguruan tinggi secara gratis. Maka itu diperlukan adanya sinergitas dari pihak terkait, bukan hanya Unisa tetapi juga universitas-universitas lainnya,” ujarnya.

Rajuddin juga menjelaskan mengenai pengiriman putra-putri daerah tahun ini sama seperti tahun lalu, melalui seleksi. Pasalnya, pihaknya tidak asal kirim. Syarat utamanya itu harus baik secara prestasi, dan memang dari keluarga berlatarbelakang ekonomi rendah atau kurang mampu, serta dalam keluarganya belum ada yang bergelar sarjana.

“Tahun lalu, murni Baznas yang biayai mulai transportasi, biaya per semester, hingga biaya hidup dalam menuntut ilmu. Namun tahun ini kemungkinan ada sinkronisasi. Artinya, mengirim calon mahasiswa melalui beasiswa sehingga Baznas tetap bantu dari segi transportasi yang sifatnya insidentil,” jelas Rajuddin.

Lebih lanjut, ia mengatakan program SKSS tahun lalu, Baznas mengirimkan 10 mahasiswa program SKSS untuk kuliah di Unisa dan Stikes Surya Global Jogjakarta. Tahun ini, Baznas juga telah menandatangani nota kesepahaman yang dituangkan dalam Memorandum of Understanding (MoU) dengan AKN Berau dalam program SKSS. Nantinya akan banyak pilihan kampus tujuan program SKSS dengan berbagai jurusan yang akan memudahkan calon mahasiswa SKSS Baznas Berau melanjutkan studi.

“Tahun ini juga Baznas Berau akan menjajaki kemungkinan pengiriman mahasiswa ke Turki. Insya Allah, berkat zakat, tumbuh bermanfaat. Ayo zakat ke Baznas, insya Allah harta berkah dan bermanfaat,” ajak Rajuddin.

Sementara itu, Wakil Rektor II Unisa Jogjakarta, Yuli Isnaeni mengatakan kedatangannya untuk meningkatkan kerja sama dengan Baznas agar program kerja sama tersebut terus berkesinambungan. Terlebih setelah dilakukannya penandatanganan MoU.

Pada kunjungan tahun kedua ini, ia kembali mensosialisasikan berbagai program perkuliahan mulai program studi, jenis beasiswa, serta informasi perkembangan fasilitas kampus dan asrama mahasiswa.

“Sudah menjadi komitmen kami, sesuai misi kami juga mencari mahasiswa yang berlatarbelakang ekonomi rendah atau kurang mampu. Namun memiliki potensi akademis yang tinggi. Salah satunya merekrut kembali calon mahasiswa di Berau,” jelas Yuli.(mar/adv/asa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *