Mitra Baznas Berau Raih Penghargaan APN 2015
Desember 23, 2015
Ribuan Paket untuk Ceriakan Ramadan
Mei 23, 2016

BAZNAS CARD: Mutamam Harir, Sekretaris Umum Baznas Berau saat memperlihatkan kartu Nomor Pokok Wajib Zakat (NPWZ) sebagai bukti telah membayar zakat di Baznas Berau.

TANJUNG REDEB – Para Muzaki atau para penyetor zakat di Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Berau berhak miliki kartu Nomor Pokok Wajib Zakat (NPWZ).

Fungsi kartu NPWZ tersebut tidak berbeda dengan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Baznas Card merupakan kartu berkode sebagai identifikasi database penyetor zakat.

“Caranya tinggal mengisi formulir yang sudah disediakan. Sedangkan pencetakan kartunya dilakukan di Sekretariat Baznas Berau,” tutur Mutamam Harir, Sekretaris Umum Baznas Berau.

Ditambahkan, NPWZ Baznas Berau merupakan salah satu dari 8 daerah percontohan se Indonesia. Selain daerah lainnya, di antaranya, Sijunjung, Kuningan, Sukabumi, Sumatera Selatan, dan Jawa Timur. Para pemilik kartu tersebut, secara otomatis juga telah terdaftar secara nasional sebagai salah seorang muzaki.

Lebih lanjut, setelah melakukan transaksi pembayaran zakat, para pemegang NPWZ akan mendapatkan balasan secara otomatis, yang memberitahukan bahwa uang zakat yang dibayarkan telah masuk ke rekening Baznas.

Muzaki yang memiliki NPWZ juga akan memeroleh bukti setor zakat, termasuk doa dan ucapan terima kasih dari Baznas. Melalui sistem autoreply ini kepercayaan masyarakat dalam menyetorkan zakat di Baznas akan lebih meningkat.

Mutamam juga menyebut para pemilik NPWZ dapat mengakses muzaki corner dengan mengetik address bar http:/muzaki.baznas.co.id. Kemudian memasukkan NPWZ beserta pasword-nya masing-masing.

Seluruh zakat dan infaq yang diterima Baznas Berau, akan disalurkan kembali lewat progam-program pendayagunaan Baznas Berau yakni, Berau Peduli, Berau Cerdas, Berau Takwa, Berau Sehat, dan Berau Makmur.

Beberapa contoh program Berau Peduli, mulai dari penyaluran paket sembako bulanan, paket ceria ramadan, pekan gizi nusantara, buka bersama 1.000 yatim dan duafa, bedah rumah, bantuan ibnussabil, tanggap darurat bencana, dan hidran umum air minum (HUAM).

Sedangkan beberapa realisasi program Berau Cerdas yaitu, bantuan biaya studi, beasiswa satu keluarga satu sarjana, honor guru madrasah, dan rumah pintar.

Selanjutnya, realisasi program Berau Takwa meliputi bantuan muallaf, bantuan masjid dan surau, dan pembinaan majelis taklim.

Terkait program Berau Sehat, meliputi bantuan biaya berobat, pengobatan gratis, dan sunatan massal gratis. Terakhir, perwujudan program Berau Makmur diantaranya zakat community development, modal bergulir, dan sentra ternak di beberapa kampung binaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *