Momen Iduladha, Baznas Kembali Berbagi

Sehari, ZIS Terhimpun Rp 2,5 Miliar
Juli 4, 2015
Pekan Gizi Nusantara Kembali Digelar
September 23, 2015

SUNAT MASSAL: Sunatan Massal yang digelar Baznas Berau di Kampung Merancang Ulu, Kamis (17/9) lalu.

TANJUNG REDEB – Menyambut tahun baru Islam 1437 Hijriah, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Berau, kembali menggelar berbagai kegiatan sosial.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, kegiatan sosial tersebut lebih banyak dilaksanakan di wilayah Kecamatan Tanjung Redeb, tapi kali ini, kegiatan tersebut diadakan di pelosok kampung.

“Karena kita evaluasi, peserta untuk sunat massal saja, cenderung tidak banyak kalau di kota. Makanya, kita langsung menyasar ke kampung-kampung seperti di Kampung Merancang Ulu yang banyak penduduk miskinnya,” jelas Ketua Baznas Berau Radjudin Abdurachman.

Sunatan massal yang dilaksanakan pada Kamis (17/9) lalu, di SD Merancang Ulu tersebut diikuti 66 anak usia SD. Jumlah tersebut sedikit meleset dari target 80 anak yang ingin disasar.

Para peserta sunatan massal tidak hanya berasal dari Kampung Merancang Ulu, Merancang Ilir, dan Kampung Melati Jaya, Kecamatan Gunung Tabur, namun sebagian juga berasal dari Kampung Batu-Batu, dan Kampung Pulau Besing, Kecamatan Pulau Derawan.

“Cuma 66 anak yang disunat, awalnya banyak yang mendaftar, tapi namanya juga anak-anak, banyak yang mundur karena takut kesakitan,” kata Radjudin.

Lebih lanjut, mantan Asisten II Sekretariat Kabupaten (Setkab) Berau, ini juga mengatakan selain membawa 4 perawat dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Abdul Rivai Tanjung Redeb, Baznas juga bekerjasama dengan dokter dan perawat yang bertugas di puskesmas setempat. Sebab setidaknya, setelah disunat anak-anak tersebut juga membutuhkan perawatan dan pengobatan jalan hingga sepekan.

Beberapa agenda lainnya dalam menyambut 1 Muharram 1437 Hijriah yang dilakukan Baznas di antaranya, nikah massal yang akan digelar di Kampung Tumbit Dayak, Kecamatan Sambaliung, berupa isbat bagi warga yang sudah menikah.

Kepala kampung setempat, kata Radjudin, melaporkan tak sedikit warganya yang kebingungan karena akan membuat akta kelahiran. Pasalnya, meski sudah menikah sejak lama, tapi masih belum lengkap dari segi administrasi. Sehingga otomatis, menyulitkan pembuatan dokumen kependudukan.

Tak hanya itu, Baznas juga menggelar Pekan Gizi Nusantara, dalam rangkaian menyambut momen Iduladha. Sama seperti tahun sebelumnya, Baznas mendistribusikan paket daging dan sembako kepada masyarakat tidak mampu di beberapa wilayah tertentu. Terutama bagi kawasan yang sedikit jatah hewan kurbannya. Berikut sembako yang akan disebar ke Kecamatan Pulau Derawan dan sekitarnya pada 26 hingga 27 September.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *