Januari, Rumah Sehat Baznas Dibangun

Serahkan Santunan Korban Kebakaran
Oktober 25, 2017
Zakat, Sejahterakan dan Tanggulangi Kemiskinan Berau
November 14, 2017

TANJUNG REDEB – Kehadiran Rumah Sehat Baznas (RSB) kian menunjukkan geliatnya. Bakal dibangun di atas tanah seluas 70×40 meter, pembangunan RSB kini tengah diproses.

“Nantinya, rumah sakit tanpa kasir yang kita bangun ini memiliki masing-masing 8 tempat tidur untuk ruang rawat inap pria, rawat inap wanita dan anak-anak. Lantai dasar dikhususkan untuk para mustahik. Dalam hal ini, masyarakat tidak mampu yang membutuhkan layanan kesehatan. Lengkap dengan fasilitas ruang Unit Gawat Darurat (UGD), tentunya,” ujar Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Berau Radjudin Abdurachman.

Berkonsep subsidi silang, lantai atas disiapkan 10 ruang VIP bagi kalangan menengah atas dan dikenakan pembayaran. Pendataan lebih lanjut terkait para mustahik yang bisa menikmati pelayanan kesehatan cuma-cuma, kata Radjudin, akan dilakukan. Di samping tentunya para mustahik yang sudah masuk dalam database Baznas Berau saat ini.

Ditambahkan, pihaknya bersama PT Berau Coal juga melakukan peninjauan langsung di lokasi pembangunan pekan lalu. Dalam waktu dekat, tim RSB masih akan menyelesaikan beberapa kegiatan terkait. Mulai dari finalisasi Memorandum of Understanding (MoU) dan perjanjian kerja sama, penyusunan tim perencanaan pembangunan, dan perancangan siteplan, RAB serta perizinan.

“Pembangunannya, insya Allah akan dimulai pada Januari mendatang,” pungkas Radjudin.

Ditarget akan selesai pembangunannya pada perayaan HUT Berau dan Tanjung Redeb tahun mendatang, pembangunan fisik dan alat kesehatan disanggupi PT Berau Coal melalui dana Corporate Social Responsibility (CSR)-nya. Sedangkan untuk operasional nantinya, disokong oleh Baznas RI, Baznas Berau dan Baznas Provinsi.

Penetapan di Bumi Batiwakkal – sebutan Kabupaten Berau – dikarenakan baru ada satu rumah sakit pelat merah dr Abdul Rivai. Pasien juga sering kali membludak. Tidak seperti di lokasi lain, Samarinda misalnya. Sudah ada beberapa rumah sakit yang dapat melayani pasien secara maksimal.

Seperti tagline-nya, Rumah Sehat Baznas nantinya akan melayani para mustahik zakat secara cuma-cuma. Sehingga, masyarakat tidak mampu pun akan merasakan pelayanan kesehatan yang terbaik. Sebab kesehatan punya nilai investasi yang sangat implikatif, karena akan bermuara pada kebangkitan produktivitas masyarakat dalam memperbaiki kualitas hidupnya.

Untuk diketahui, Rumah Sehat Baznas adalah salah satu program unggulan Baznas sebagai lembaga pemerintah non struktural yang salah satu tugasnya adalah memberdayakan masyarakat dan mengentaskan kemiskinan. Guna memeratakan akses kesehatan dan pengobatan bagi warga tak mampu. Di samping itu, pendiriannya juga sejalan dengan upaya perwujudan sila kelima Pancasila yakni keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. (humasbaznas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *