Ribuan Paket untuk Ceriakan Ramadan
Mei 23, 2016
Mengenal Penerima Beasiswa SKSS Baznas 2016: Siti Amelia (1)
Agustus 3, 2016

HUAM Baru di Kampung Harapan Maju

TABALAR – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Berau, kembali meresmikan Hidran Umum Air Minum (HUAM) di Kampung Harapan Maju, Kecamatan Tabalar.

Mutamam Harir, Sekretaris Umum Baznas Berau menuturkan, HUAM di kampung yang dihuni sekira 500 kepala keluarga (KK) tersebut, lebih komplet dibanding fasilitas serupa yang sudah dibuat di Kampung Bukit Makmur, Kecamatan Segah. Sebab, selain untuk minum, pembuatan HUAM itu juga akan menyediakan fasilitas air bersih bagi warga dengan kapasitas 8.000 liter per jam.

“Selain kita tempatkan mesin di sumber air, juga ada mesin dari bak penampungan untuk mendorong ke rumah-rumah warga,” ujar dia.

Mesin yang dilengkapi teknologi ultra filtrasi dan ozon tersebut bakal membuat air mentah bisa langsung siap minum. Sedangkan HUAM Sanggam yang sudah beroperasi di Kampung Bukit makmur, diakui masyarakat sangat membantu. Betapa tidak, selama ini masyarakat Bukit Makmur harus merogoh kocek Rp 15 ribu untuk setiap pembelian air mineral kemasan galon isi ulang.

“Nah, sejak ada HUAM Sanggam, masyarakat bisa lebih berhemat. Karena, ada 800 galon yang kita siapkan di sana. Warga hanya diminta berinfak Rp 5 ribu per galonnya. Sangat meringankan bukan?” ujarnya.

Selain itu, peresmian yang juga dibarengi dengan rumah pintar Bukit Makmur tersebut pun terus dikembangkan untuk menyejahterakan masyarakat. Yakni lewat pendirian koperasi yang juga mempermudah warga mendapatkan beberapa kebutuhan pokok sehari-hari.

Untuk diketahui, Bukit Makmur yang juga merupakan salah satu daerah program Zakat Community Development (ZCD) Baznas, juga mendapat bantuan pemberdayaan masyarakatnya. Sebanyak 38 KK miskin menerima bantuan budidaya kedelai, ternak kambing dan ayam.

“Tapi bukan itu saja, Baznas juga aktif memberikan bimbingan keagamaan di sana. Rutin kami gelar 2 kali dalam sebulan. Harapannya, bukan hanya meningkatkan ekonomi dan kesehatan masyarakat, tetapi program kami juga membentengi keimanan mereka sebagai ummat Islam,” sebutnya.

Terkait HUAM, Tamam juga menambahkan pihaknya bakal memperbanyak di beberapa daerah lainnya. Seperti, Kampung Pisang-Pisangan dan Tabalar Muara di Kecamatan Tabalar, serta Kampung Pegat Batumbuk di Kecamatan Pulau Derawan, sudah disurvei tim. (humas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *