TPA Al Amin Terima Bantuan Berau Takwa
Agustus 21, 2017
Baznas RI Monitoring Program ZCD Pegat Batumbuk
September 12, 2017

Terbaik dalam Kategori Pendistribusian dan Pendayagunaan

JAKARTA – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Berau kembali raih Baznas Award 2017. Kali ini dalam kategori pendistribusian dan pendayagunaan terbaik tingkat nasional, pada malam puncak Festival Zakat untuk Indonesia yang digelar di Aula HM Rasjidi, kantor Kementerian Agama, Jakarta, Jumat (25/8).

Penghargaan tersebut diberikan atas program-program yang digulirkan Baznas Berau kepada para mustahik. Yakni melalui program Berau Peduli, Berau Sehat, Berau Cerdas, Berau Takwa, dan Berau Makmur yang menjangkau para asnaf di seluruh penjuru Kabupaten Berau.

Hadir dalam penghargaan tersebut, Ketua Baznas Berau Radjudin Abdurachman, Wakil Ketua (Waka) I, Burhanudin Harahap, Waka II, Sumiyarsono, Waka III, Busransyah, dan Waka IV, Mutamam Harir.

“Acara ini dimaksudkan untuk lebih menggelorakan gerakan kebangkitan zakat di Indonesia yang memang sudah terasa bergema sekali sebagai bagian kita dalam berdakwah,” kata Ketua Baznas RI, Bambang Sudibyo dalam jumpa pers.

Lanjut dikatakan dia, penilaian Baznas atau Lembaga Amil Zakat berprestasi dan gubernur dan bupati dan wali kota tersebut, menggunakan instrumen kuantitatif. Yakni Indeks Zakat Nasional (IZN), yang disusun Pusat Kajian Strategis Baznas. IZN merupakan satu-satunya indeks di dunia. “Betul-betul made in Indonesia. Yang kami beri (penghargaan), tentu yang skor tertinggi,” lanjut Bambang Sudibyo.

Lebih lanjut, ia menilai cukup banyak kepala daerah di Indonesia yang sudah menyadari pentingnya peran strategis zakat dalam mengentaskan kemiskinan. Dengan kata lain, zakat dapat meringankan tugas etis mereka untuk menyejahterakan rakyat. Bahkan mewujudkan kesadaran dalam pelbagai aturan formal.

Konteks Baznas Award sekaligus untuk menyambut Hari Ulang Tahun RI ke-72. Tema yang  diusung adalah Zakat untuk Indonesia. Dikatakan Mutamam Harir, pemenang award tingkat nasional diantaranya Baznas Kabupaten Sumedang (kategori pertumbuhan pengimpunan terbaik), Baznas Kota Balikpapan (kategori manajemen kelembagaan terbaik) dan Baznas Berau (kategori pendistribusian dan pendayagunaan terbaik).

Pihaknya menuturkan, penghargaan tersebut tentu berdasarkan kepercayaan masyarakat Bumi Batiwakkal – sebutan Kabupaten Berau – dalam mengamanahkan pengelolaan Zakat, Infak, dan Sedekah kepada Baznas. Sehingga dengan demikian, seluruh program dapat diwujudkan dan menyentuh saudara muslim yang kurang membutuhkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *