Baznas RI Monitoring Program ZCD Pegat Batumbuk

Berau Raih Baznas Award 2017
Agustus 28, 2017
Gandeng IDI untuk Berau Sehat di Balikukup
September 28, 2017

TANJUNG REDEB – Tim Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Republik Indonesia lakukan monitoring program Zakat Community Development (ZCD) Pegat Batumbuk, Kecamatan Pulau Derawan, pekan lalu.

Sebelumnya, tim melakukan peninjauan lapangan dan menengok progresnya di perkampungan nelayan yang dikenal dengan penjualan terasinya tersebut.

Deasy, salah seorang tim monitoring dari Baznas RI menuturkan, penyusunan laporan harus dilaporkan. Yakni berupa semua kegiatan yang dilaksanakan, berikut pembelanjaan dan tentu disertakan dengan foto-fotonya. “Agar tidak by pass ke pusat, sebaiknya koordinasikan dahulu ke Baznas Berau dan kalimantan Timur. Sehingga semua tingkatan bisa saling tahu,” ujarnya.

Dalam kesempatan sama, terkait pencairan dana program, kata Fachrul Ghazi, Ketua Baznas Kalimantan Timur menuturkan, pihaknya juga baru akan mencairkan ketika sudah mendapat persetujuan Baznas pusat. Program yang dijalankan di lapangan pun, hendaknya selalu mengikuti program yang telah diajukan dalam proposal sebelumnya.

“Keinginan kita kalau di lapangan itu pasti akan banyak. Cuma kalau kita tidak konsisten dengan apa yang kita buat sendiri, maka evaluasi dan mengukur keberhasilan juga susah. Nantinya, jika masih bisa dilaksanakan ya bisa saja. Tapi kami lihat beberapa ini merupakan inisiasi dari pusat juga,” tambah Mursyid, Wakil Ketua IV Baznas Kaltim.

Untuk diketahui, program ZCD merupakan program yang bertujuan untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera, mandiri dan berakhlak. Tak terkecuali, juga menggerek kesejahteraan masyarakat di Bumi Batiwakkal – sebutan Kabupaten Berau. Dengan tak lupa turut menyentuh aspek sosial di masyarakat, mulai dari kesehatan, ekonomi, pendidikan dan keagamaan.

Dari segi ekonomi masyarakat, akan bagus jika memaksimalkan potensi yang ada. Mulai dari pembuatan abon ikan, ikan kering dalam kemasan, ataupun pembuatan rumah produksi dan rumah kemas untuk menunjang harga jual.

Ada beberapa tujuan khusus dalam mewujudkan program ZCD. Yakni, menumbuhkan kesadaran dan kepedulian mustahik/penerima manfaat tentang kebutuhan kehidupan yang berkualitas, menumbuhkan partisipasi menuju kemandirian masyarakat, menumbuhkan jaringan sosial ekonomi kemasyarakatan, menciptakan program pemberdayaan yang berkelanjutan dalam mewujudkan kesejahteraan dan kemandirian masyarakat, serta menciptakan dan mengembangkan potensi lokal setiap wilayah yang menjadi lokasi program ZCD. (humasbaznas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *